Kamis, 06 Juni 2013

TIPS MENGHADAPI ULANGAN DADAKAN



TIPS MENGHADAPI ULANGAN DADAKAN

Terimah kasih telah mampir di blog ini. Disini saya akan menyampaikan tentang tips untuk menghadapi ulangan mendadak. Pasti kalian pada benci kalau bapak/ibu guru kalian mengadakan ulangan dadakan? Iya kan?

Tak dapat dipungkiri, saya sendiri juga benci plus takut kalau ada ulangan dadakan. Udah nilainya ancur dan lain-lain... . tapi sobat saya pernah pengalaman, waktu itu pelajaran sejarah. Tiba-tiba saja ibu guruku itu mengadakan ulangan mendadak. Wah ngeri banget nih ulangan dadakan sejarah. Saya pun kaget, tetapi alhamdulilah. Kenapa?

Di kelasku itu jumlahnya 34 siswa, nah kebetulan nih, ibu guru menyuruh nomor absen 18-34 untuk ulangan terlebih dahulu, sedangkan saya nomor 16, jadi ada waktu untuk belajar sebentar. Tapi tidak mudah lo belajar pada saat2 panik,ngeri,deg-deg-gan waktu itu. Tapi saya mencoba untuk mengatasi masalah tersebut,”bagaimana supaya dapat nilai bagus tetapi waktunya sesingkat itu untuk belajar, sedangkan materi sejarah itu banyak banget(walau hanya 1 bab)?”

Akhirnya Tuhan memberikan jalan. Saya melakukan tips-tips di bawah ini. Tips ini adalah asli ciptaan saya. Saya pun belum pernah BROWSING di internet sebelumnya tentang cara menghadapi ulangan dadakan. Nah dibawah ini beberapa tips untuk menghadapi masalah itu. Sobat dapat menggunakan tips ini(cocok untuk pelajaran yang berupa hafalan seperti sejarah,dll)

TIPS MENGHADAPI ULANGAN DADAKAN:

1.JANGAN PANIK

Saat PANIK dijamin materi2 yang kita baca, SEMUANYA ITU AKAN SIA-SIA. Jika pada malam sebelumnya sobat belum baca materi apapun, memang mau tak mau sobat harus baca materi itu dalam waktu singkat. Tapi gimana supaya paham n masuk materi itu? Nah caranya adalah JANGAN PANIK, karena saat panik otak tidak akan mampu mengingat materi yang kita baca alias masuk kanan keluar kiri. Pada saat itu saya mencoba untuk menenangkan diri,tidak panik,tidak takut, tidak usah pedulikan teman2 kita yang sedang berbicara. Biarkan mereka berbicara sendiri. Tang terpenting adalah jangan panik.

2.BACA GARIS BESARNYA SAJA

Dengan materi yang begitu  banyak, tidak ada waktu untuk membaca semuanya. Nah tipsnya adalah BACA YANG PENTING-PENTING SAJA. Tapi ingat, saran saya tidak usah digaris bawahi atau di stabilo dll. Itu hanya akan membuang waktu. Ingat waktu 1 detik pun sangat berguna pada saat itu. Jika tidak panik maka akan mudah sekali untuk mengingat garis-garis besar itu.

3.KONSENTRASI DAN NIAT

Ini memang yang tersulit, tetapi yang terpenting. Banyak orang yang tidak bisa konsentrasi karena suasananya ramai, tetapi ini bukan alasan cocok untuk situasi saat itu. Tetap berpendiria kuat untuk konsentrasi, jika tidak panik otak kita akan sangat mudah mengingat yang kita baca apalagi penuh konsentrasi. 99% materi masuk di otak. Itu yang pernah jadi tantangan bagi saya. Tetapi alhamdulilah saya dapat konsentrasi karena disertai niat ikhlas dan sungguh2. Tetapi yang terpenting adalah NIAT.

4.GUNAKAN JEMBATAN KELEDAI

Ini adalah metode yang paling menguntungkan, karena dengan metode ini sesuatu yang begitu banyak untuk di hafalkan dapat dengan mudah kita ingat. Jika ada kata2 sulit untuk dihafalkan gunakan saja jembatan keledai.

5.BERDOA

Yang terakhir ini adalah hal terpenting, karena segala sesuatu tentang usaha manusia hanya Tuhan yang menentukan hasilnya. INGAT ALLAH AKAN MENGABULKAN DOA KITA JIKA KITA SUNGGUH-SUNGGUH DALAM BERDOA. Nah biasanya ini yang sulit,”sungguh-sungguh”. Bagaimana agar kita bisa sungguh-sungguh? Caranya adalah kita harus yakin bahwa Allah akan mengabulkan permohonan kita. Benar-benar harus YAKIN. Tetapi ingat, kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk lemah dan Allah adalah segalanya jadi sunggu-sungguhlah dalam memohon. Perlu diingat: walaupun temanmu sudah belajar 1 malam suntuk, tetapi ia mengabaikan Berdoa,  sulit baginya untuk berhasil. Jadi intinya belum tentu dia akan dapat nlai tinggi.

 

Tapi sobat biasanya Allah akan mengabulkan doa kita dikala kita sedang terjepit dalam keadaan yang benar2  genting dan perasaan yakin. Jadi bagi sobat yang cari2 info tentang tips menghadapi ulangan dadakan, saya tidak yakin tips itu akan berhasil. Karena pasti sobat sudah merencanakan untuk tidak belajar. Jadi pasti dalam melakukan tips nomor  ke-5 itu tidak akan serius. Tapi terserah sobat saja, saya hanya berharap “SELALULAH RAJIN BELAJAR, KARENA KESUKSESAN ADA DI TANGAN SOBAT SEKALIAN”.

SEMOGA BERMANFAAT......

Buat yang mau kirim sesuatu, boleh ke iskandarblast@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar